Tips Melunasi Hutang Pinjol Secara Cepat

March 18, 2022 Fintech, Pinjaman No Comments

Saat ini proses untuk mengajukan pinjaman semakin mudah sebab dapat Anda lakukan melalui smartphone saja. Bahkan untuk verifikasi hanya memerlukan waktu hitungan menit sehingga uang dapat anda langsung terima. Walaupun begitu, ketika memutuskan untuk mengajukan pinjaman online, tentunya Anda wajib memahami cara melunasi hutang tersebut agar tidak membengkak. 

Jangan sampai bunga pinjaman anda semakin menumpuk dan akhirnya anda tidak bisa untuk melunasinya. Oleh karena itu, perhatikanlah sejumlah cara berikut ini untuk melunasi pinjaman online supaya keadaan finansial Anda kembali membaik.

1. Prioritaskan hutang dengan bunga yang besar dan tenor tersingkat

Apabila anda mempunyai beberapa hutang hasil meminjam secara online, ada baiknya prioritaskan dulu utang yang mempunyai bunga besar dan juga tenor yang singkat. Untuk cara melunasi hutang tersebut dinilai efektif untuk membantu Anda menyelesaikan permasalahan keuangan ini dengan berurutan. 

Apabila hutang anda sudah lunas, anda tidak perlu lagi repot untuk mengakumulasikan bunga yang kian membengkak ataupun denda sesudah pinjaman tersebut jatuh tempo.

2. Pakailah pinjaman tidak berbunga

Tips selanjutnya yaitu anda bisa menggunakan fasilitas pinjaman yang bunganya 0%. Anda dapat mencari pinjaman tersebut misalnya dari teman, perusahaan tempat Anda bekerja, ataupun keluarga there dekat. Jika hutang online telah Anda lunasi, selanjutnya Anda tinggal berusaha untuk melunasi pinjaman dari orang terdekat hingga lunas.

3. Manfaatkan promo dan program pelunasan pinjaman

Anda dapat juga memanfaatkan promosi dan program Pelunasan pinjaman. Umumnya program yang satu ini menjadi salah satu bagian dari event atau acara yang diselenggarakan oleh Lembaga pinjaman online. Carilah Lembaga pinjaman uang online di internet yang terpercaya dan sudah terdaftar OJK serta sedang mengadakan acara tertentu. 

Siapa tahu Anda bisa mendapatkan promo pinjaman. Dengan mengikuti kegiatan tersebut Anda dapat memperoleh kesempatan guna mendapatkan Pronasan utang.

4. Gunakan tabungan pribadi

Sebagian dana tabungan berguna untuk mengantisipasi kebutuhan yang mendesak, khususnya jika Anda telah berkeluarga dan mempunyai banyak tanggungan misalnya orang tua, anak, dan istri. 

Tetapi, tidak ada salahnya bila Anda memakai sebagian tabungan pribadi guna melunasi hutang pinjaman tersebut supaya jumlah pinjaman Anda tidak bertambah banyak. Jika hutang pinjaman online telah Anda lunasi, Anda menjadi lebih leluasa untuk menabung uang kembali dan menambah saldo tabungan.

5. Membagi kewajiban bersama-sama

Hutang on line yang dipakai guna kepentingan bersama sama maupun kepentingan keluarga seperti ketika orang tua ataupun anggota keluarga Anda sakit dan membutuhkan perawatan di rumah sakit, maka anda bisa melunasi hutang tersebut secara gotong royong bersama anggota keluarga lainnya. 

Hal tersebut berarti anda tidak wajib memikul hutang tersebut sendirian. Ajaklah adik, kakak, pasangan, ataupun keluarga terdekat lainnya untuk bersama sama mengumpulkan uang guna membayar hutang.

6. Jual aset

Tips selanjutnya untuk bisa membayar hutang pinjaman online yaitu anda bisa menjual aset investasi yang Anda miliki. Tetapi biasanya investasi tidak bisa dijual dengan cepat. Oleh karena itu, anda bisa melunasi hutang tersebut dengan cara menjual aset seperti tanah, rumah dan emas. 

Selain itu, Anda pun dapat mencairkan deposito agar hutang online dapat dilunasi dengan tepat waktu tanpa terkena denda dengan jumlah yang besar.

7. Coba bisnis sampingan

Seringkali untuk melunasi hutang online ini terhambat dengan pendapatan yang pas Pasan dan hanya cukup guna keperluan sehari-hari saja. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir sebab masih banyak cara lain yaitu dengan bisnis sampingan ataupun melakukan pekerjaan seperti freelance.

Kedua kegiatan ini bisa menambah pendapatan bulanan anda yang nantinya dari pendapatan ini dapat anda pakai guna melunasi hutang online secara tepat waktu. Jalanilah bisnis Sampingan ataupun pekerjaan tersebut sesuai dengan minat Anda sehingga Anda bisa selalu merasa produktif dan nyaman saat melakukannya.

8. Bayar hutang dengan biaya minimal

Biasanya sebagian platform pinjaman on line akan menyediakan pilihan pembayaran pinjaman yang ada biaya minimalnya, sehingga pinjaman tersebut lebih kecil dibandingkan cicilan wajib. 

Contohnya Anda dapat membayar biaya minimal Rp 300 ribu perbulan walaupun kewajiban cicilan tersebut harusnya Rp 500 ribu. Jika nanti Anda telah memiliki pendapatan lebih, jangan lupa untuk melunasi utang tersebut dengan tepat waktu.

9. Mengajukan keringanan

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu jika masih keberatan dengan melunasi pinjaman sebab keterbatasan keadaan ekonomi, ada baiknya Anda mengajukan keringanan pada Lembaga tersebut.

Otoritas Jasa Keuangan sudah menyetujui keringanan ini maks Rp 2 miliar /orang untuk pinjaman khusus usaha yang terkena dampak Covid-19 ataupun pekerjaan lainnya. Selain dari aturan OJK ini, kebijakan tersebut juga tergantung dengan keputusan dari setiap platform pinjaman.

 Itu tadi cara dan tips untuk melunasi pinjaman online. Jangan lupa anda harus bijak untuk mengatur keuangan supaya tidak lagi meminjam pinjaman online.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *