Profil Amar Bank, Pelopor Fintech di Indonesia

January 16, 2022 Fintech No Comments

Bank Amar Indonesia yang biasa dikenal dengan sebutan Amar Bank merupakan sebuah perusahaan yang beroperasi pada bidang perbankan dimana telah berdiri pada tahun 1991 dan memiliki kantor pusat di kota Surabaya.

Sebelumnya nama perusahaan tersebut bernama Anglomas International Bank yang dikenal dengan Amin Bank dan didirikan oleh Noto Suhardjo Wibisono dan Hartini Wibisono. Kemudian pada 2014, perusahaan tersebut mengubah namanya seperti sekarang ini yaitu Bank Amar, setelah akuisisi dari Tolaram Group.

Bank Amar mencatatkan sahamnya melalui Bursa Efek Indonesia di tahun 2020. Pada pencatatan saham tersebutlah, Tolaram Group yang menjadi pemegang saham dan menjalankan private placement, hal tersebut memiliki peran perusahaan nantinya menawarkan sejumlah saham ke pihak ketiga agar dapat mendilusi atau mengurangi jumlah saham yang perusahaan miliki.

Aksi korporasi tersebut dijalankan agar dapat menyesuaikan dengan aturan dari OJK yang mana induk perusahaan non jasa keuangan dilarang untuk memegang jumlah saham bank diatas dari 30 persen.

Amar Bank merupakan salah satu pelopor di industri teknologi finansial karena pada tahun 2014 meluncurkan layanan yang bernama Tunaiku dengan memiliki konsep sama halnya dengan KTA akan tetapi dapat cair dengan cepat serta proses pengajuannya yang mudah hanya melalui sebuah aplikasi.

Apa itu Tunaiku?

Pinjaman online yang bernama Tunaiku merupakan sebuah sarana yang dapat membantu masyarakat dengan waktu yang cepat serta praktis. Dapat digunakan untuk biaya sekolah, pernikahan, hingga biaya perawatan. Bayangkan saja apabila finansial Anda sedang tidak siap akan tetapi harus menghadapi kebutuhan yang mendesak. Maka dari itu perlu mengenal lebih dalam mengenai fintech yang ada di Indonesia pada saat ini. Salah satunya yaitu Tunaiku. Berikut penjelasan mengenai Tunaiku.

Pinjaman Tunaiku merupakan sebuah produk langsung dari bank

Salah satu ciri yang paling khas untuk membedakan Tunaiku dengan KTA lainnya yaitu dari kepemilikannya. Jika layanan KTA lainnya didirikan dari suatu perusahaan yang memiliki basis startup, beda halnya dengan Tunaiku yang merupakan salah satu produk layanan dari Bank Amar.

Oleh karena itu perihal kepemilikan aplikasi tersebut bukan dari suatu perusahaan startup akan tetapi dari bank yang menaunginya. Oleh karena itu wajar saja jika Anda bisa mengharapkan sebuah prosedur serta sistem yang rapi seperti layanan perbankan. Kemudian call center dari Tunaiku juga akan selalu siap untuk memberikan informasi dan keamanan yang terpercaya.

Mengenai legalitas aplikasi pinjaman Tunaiku

Ada berbagai ulasan mengatakan jika aplikasi Tunaiku ilegal. Kenapa begitu? Hal tersebut dikarenakan adanya sebuah anggapan jika Tunaiku tidak masuk pada daftar fintech dimana mempunyai izin dari OJK. Akan tetapi apakah Tunaiku ilegal? Jawabannya walaupun aplikasi Tunaiku ini tidak masuk kedalam dokumen OJK tersebut, tidak dapat memungkiri fakta yang jelas.

Apakah fakta tersebut? Tunaiku merupakan suatu produk dari bank yang bernama Bank Amar dimana yang menyediakan layanan Kredit Tanpa Agunan. Layanan KTA tersebut telah terdaftar dan juga diawasi langsung oleh OJK.

Fakta lainnya yaitu Bank Amar telah masuk pada Bank BUKU II, dimana bank tersebut mempunyai modal inti yang memiliki jumlah mulai dari 1 hingga 5 triliun rupiah. Kemudian perbedaan lainnya yaitu, kredit Tunaiku bukan termasuk P2P lending, namun merupakan produk resmi milik lembaga perbankan.

Fleksibilitas pada pinjaman

Melalui situs resminya, layanan Tunaiku dapat memberikan fleksibilitas kepada para nasabahnya yang hendak mencari sejumlah pinjaman dana secara online. Jumlah dari besaran pinjaman yang dapat nasabah dapatkan yaitu mulai dari 2 juta yang memiliki tenor pinjaman hingga 6 bulan.

Para nasabah juga dapat meminjam uang sampai batas maksimal nya yaitu 20 juta serta tenor maksimalnya selama 20 bulan. Dengan opsi pilihan tersebut nasabah dapat menentukan jumlah pinjaman yang hendak mereka ajukan. Termasuk seberapa lama tenor pinjaman yang diinginkan dengan menyesuaikan kemampuannya.

Kemudahan dalam menggunakan kredit Tunaiku

Agar dapat mengakses layanan Tunaiku Amar Bank, terdapat beberapa opsi. Yang pertama dapat mengajukan pinjaman online melalui website resmi dari Tunaiku. Sedangkan untuk pengguna smartphone dapat mengunduh aplikasi tersebut di Playstore untuk android dan juga Appstore untuk Apple.

Hal tersebut dapat membuat calon peminjam menikmati kemudahan dalam mengakses teknologi fintech apabila peminjam dana sedang membutuhkannya, kapanpun dan dimanapun. Selain itu juga tersedia layanan live chat dan call center dari Tunaiku yang beroperasi setiap hari Senin hingga JumatĀ  selama jam kerja.

Jika ingin mengetahui informasi terbaru juga terdapat sebuah akun media sosial milik Tunaiku yang dapat diakses kapan saja. Serta tersedianya alamat surel apabila hendak mengajukan berbagai pertanyaan. Selain mengajukan pinjaman melalui layanan Tunaiku, Amar Bank juga memiliki layanan yang bernama Senyumku.

Leave a Reply

Your email address will not be published.