Peran Fintech Lending Sebagai Alternatif Pinjaman Masa Kini

June 20, 2022 Fintech No Comments

Financial technology alias fintech sebuah hal yang bisa memberikan banyak keuntungan untuk masyarakat di zaman modern ini. Istilah tersebut merujuk ke pengembangan inovasi pada layanan keuangan dengan basis teknologi. Seperti yang sudah Anda pahami jika teknologi di zaman ini sudah mengubah hampir seluruh kebiasaan masyarakat. 

Terlebih lagi dengan adanya smartphone di tengah masyarakat. Berbagai aktivitas belanja, mengirim uang, memesan makanan sampai melakukan pengajuan pinjaman dapat dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan smartphone dan internet. Kegiatan di bidang keuangan yang semakin meningkat pun mau tidak mau perlu melibatkan teknologi. 

Itulah mengapa istilah fintech dibuat dan kehadirannya semakin banyak di era modern ini. Di beberapa tahun belakangan ini, popularitas dari startup fintech semakin meningkat secara drastis sebab bisa memberikan banyak kemudahan untuk masyarakat di tanah air. Contohnya dalam mendapatkan pinjaman, metode pembayaran, sampai manajemen keuangan untuk keperluan bisnis maupun pribadi. 

Selain itu, ada berbagai manfaat lain dari fintech sebagai alternatif pinjaman dana masa kini. Apa sajakah hal tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

  • Meningkatkan Inklusi Keuangan untuk Negara 

Salah satu manfaat yang paling penting dari adanya fintech ini adalah bisa menjadi akselerator untuk inklusi keuangan di tanah air. Inklusi keuangan sendiri bisa didefinisikan menjadi keadaan dimana masyarakat mulai dari individu atau pelaku usaha memakai maupun mengakses berbagai produk keuangan seperti fintech, pinjaman, asuransi, investasi, perbankan dan lainnya. 

Selain itu, inklusi keuangan juga bisa ditingkatkan lagi dengan mempromosikan literasi keuangan kepada masyarakat luas. Di Indonesia tingkat inklusi keuangan setiap tahunnya semakin meningkat. Walaupun begitu, presentasi sekarang masih cukup jauh dari target yakni di angka 75%. 

Tetapi, fintech menjadi salah satu bagian penting yang bisa membantu meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Hampir seluruh perusahaan fintech memberikan kemudahan untuk masyarakat sehingga bisa mengakses semua layanan keuangan dengan mudah hanya menggunakan smartphone daja. 

Hanya bermodalkan ponsel pintar dan jaringan internet, sekarang siapapun bisa memakai layanan keuangan dengan efisien dan efektif. Inklusi keuangan tersebut bisa berdampak positif untuk kesejahteraan masyarakat dan performa bidang ekonomi nasional. 

Peran Fintech Lending Sebagai Alternatif Pinjaman Masa Kini

  • Membantu Pelaku Usaha Mendapatkan Modal Bisnis

Manfaat fintech selanjutnya yang juga tidak kalah penting adalah memberikan bantuan untuk para pengusaha untuk mendapatkan modal. Bidang UMKM yang berkembang di tanah air ini umumnya memperoleh modal dengan mengajukan pinjaman ke bank. 

Untuk memperoleh pinjaman dari bank milik pemerintah atau bank swasta, para calon debitur wajib melengkapi berbagai persyaratan yang tidak mudah dan ditambah juga dengan prosesnya yang cukup memakan waktu lama. Lalu, bunga pinjaman yang diberikan bank biasanya cukup tinggi.

Pastinya hal tersebut bisa membebani para pengusaha, apalagi jika usaha mereka tergolong menengah, kecil atau mikro. Tetapi permasalahan tersebut bisa diuraikan dengan adanya startup fintech yang sekarang sangat mudah ditemukan. 

Salah satu jenis fintech yakni Peer to Peer Lending yang merupakan sebuah alternatif untuk para pengusaha UMKM guna mendapatkan modal dengan bunga serendah mungkin. Cara memperolehnya pun sangat mudah, Anda hanya harus mendaftar dan melengkapi berbagai persyaratan melalui smartphone. 

Selanjutnya Anda bisa melakukan pengajuan pinjaman kepada lembaga tersebut. Dengan melakukan cara ini, pinjaman untuk keperluan modal usaha menjadi lebih mudah dan cepat cair. 

  • Memberikan Kemudahan 

Manfaat fintech yang tidak bisa dipungkiri adalah memberikan kemudahan dalam layanan finansial untuk masyarakat. Kegiatan yang berhubungan dengan keuangan misalnya pengajuan pinjaman, transfer uang, pembayaran sampai investasi di zaman dulu mempunyai banyak keterbatasan. 

Terlebih untuk orang yang tidak terhubung pada produk perbankan. Tetapi, saat ini seluruh aktivitas bisa dilakukan dengan mudah dari smartphone saja. Metode pembayaran secara online juga sudah semakin banyak disediakan oleh berbagai merchant. 

Kegiatan belanja sudah lebih mudah dan transaksi juga sangat aman. Dengan adanya startup fintech, Anda pun bisa mendapatkan informasi mengenai seluruh produk keuangan yang ada. 

  • Menjadi Solusi untuk Masyarakat Meminjam Dana 

Sebelum ada fintech di Indonesia, bank menjadi satu-satunya penyedia pinjaman yang ada. Sehingga hal tersebut otomatis berdampak pada pemberlakukan suku bunga yang lumayan tinggi. Dengan berkembangnya teknologi dan informasi, jumlah pinjaman dengan bunga yang besar semakin berkurang sebab hadirnya fintech. 

Jumlah perusahaan fintech yang semakin menjamur menyebabkan persaingan menarik antara lembaga pinjaman sehingga setiap lembaga berbondong-bondong memberikan pinjaman dengan bunga rendah. Selain itu, hal yang paling penting yaitu fintech selalu memberikan transparansi ke masyarakat mengenai sistem pinjamannya. 

Nah, itu tadi ulasan tentang peran fintech sebagai alternatif pinjaman di zaman ini dan bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin mengajukan pinjaman dana. Jangan lupa pilih lembaga keuangan terpercaya yang sudah memiliki izin dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *