Layanan Pay Later yang Ngetren di Indonesia

March 18, 2022 Fintech, Pinjaman No Comments

Seiring dengan perkembangan dunia Perkreditan yang ada di Indonesia, saat ini semakin banyak jenis layanan yang diberikan. Salah satunya yaitu Pay Later. Hampir sama dengan dompet digital, Pay Later pun telah memiliki berbagai jenis yaitu ada Gopay, Shopee, Kredivo, Ovo dan lainnya. Lalu, apa sih layanan Pay Later ini? 

Didefinisikan secara sederhana Pay Later merupakan “belanja sekarang bayar nanti”. Layanan yang satu ini tidak jauh berbeda dengan cicilan tanpa kartu kredit pada umumnya. PayLatter dapat dipakai untuk membeli kebutuhan sehari-hari, seperti berbelanja online sampai travelling. Selain itu, layanan ini pun dapat memesan kamar hotel pesawat dan lainnya. 

Bahkan, bisa untuk hal lain yang mendesak dapat memakai Pay Letter, misalnya membeli paket internet ataupun pulsa. Penggunaan nya juga sangat mudah sebab telah banyak e-commerce memakai fitur ini seperti Shoppe dan Traveloka. Selain itu, terdapat sejumlah layanan dari PayLater yang dapat ditemukan. Supaya lebih jelasnya, di bawah ini ada beberapa layanan Pay Later di Indonesia yang lengkap dan cara mendaftarnya.

1. OVO Pay Later

OVO merupakan alat pembayaran yang juga menyediakan fasilitas Pay Later. Tetapi sayang sekali saat ini OVO sedang ditangguhkan hai batas waktu yang tidak ditentukan dari pihak OVO.

Untuk mendaftar layanan ini sangat mudah yakni anda hanya perlu menyiapkan E-KTP dan pilih “Ajukan Sekarang” serta isi data diri dan menyetujui semua peraturannya. Tunggulah sekitar 1×24 jam untuk bisa menggunakan layanan ini. Cara memakainya pun anda hanya perlu melakukan pembayaran di toko yang sudah bekerja sama dengan OVO.

Keunggulan yang dimiliki oleh OVO Pay Later ini adalah pada tanggal dua tujuh atau setiap akhir bulan, Anda akan diingatkan untuk membayar tagihan tersebut. Hingga anda tidak mungkin kelupaan untuk membayar nya.  

2. Shopee Pay Later

Layanan yang satu ini merupakan alat pembayaran dari Shopee dan memiliki banyak fitur, salah satunya Pay Later. Cara untuk mendaftar layanan ini yaitu Anda harus menyiapkan E-KTP. Lalu, tunggulah verifikasi dari kantor pusat sekitar 24 jam.

Kelebihan yang diberikan dari Shopee Pay Later ini yaitu anda dapat membeli barang di platform ini dan membayar nya nanti dengan angsuran yang sangat kecil. Untuk membayar tagihan Shopee Pay Later ini mudah sekali, anda hanya perlu pilih menu “Saya”, lalu pilih “Shopee Pay Later” dan pilih “Pembayaran Shopee Pay”.

Karena ini dapat Anda lakukan melalui Indomaret ataupun virtual account yang akan diingatkan pada tanggal 25 nanti.

3. GoPay Pay Later

Gojek adalah sebuah layanan ojek online yang mempunyai fitur Pay Later. Untuk dapat mendaftar di Go Pay Pay Later ini sama seperti biasanya yakni anda harus mengajukan permohonan dan menunggu persetujuan, namun hanya konsumen tertentu ada yang dapat memakainya. 

Kelebihan dari Go Pay Pay Later ini yaitu anda dapat menggunakannya di seluruh merchant Go Pay yang telah tersedia di aplikasi Gojek dan merchants yang telah memiliki kerjasama dengan Gojek seperti Go Bluebird, GoFood, Go Pulsa, GoRide, GoBills, dan GoTix.

4. Kredivo Pay Later

Berikutnya adalah Kredivo yang juga ikut menyediakan layanan Pay Later. Cara untuk mendaftar nya juga sangat mudah yaitu anda harus mengunduh dan menunggu persetujuan dari perusahaan. 

Keunggulan yang diberikan yaitu fintech berbasis aplikasi ini bekerja sama dengan beberapa aplikasi seperti TokoPedia, Lazada, Blibli, Bukalapak dan masih banyak lagi, hingga memudahkan Anda untuk menggunakan nya.

5. Akulaku Pay Later

Aplikasi yang satu ini adalah alat pembayaran yang juga ikut serta menawarkan fitur Pay Later. Untuk cara mendaftar nya sangat mudah sama dengan mendaftar aplikasi sebelumnya yaitu dengan mengajukan permintaan dan menunggu persetujuan. 

Keunggulan yang diberikan yaitu Anda dapat menggunakannya untuk mengajukan menjadi ojek online. Selain itu, merchant yang juga bekerja sama dengan Akulaku adalah Kredivo.

6. Traveloka Pay Later

Berikutnya Traveloka yang merupakan sebuah aplikasi travel pun ikut menyediakan fitur Pay Later. Sudah bisa mendaftar nya hanya dengan memberikan foto KTP saja. Keunggulan yang diberikan dari Traveloka adalah limitnya sangat besar mencapai Rp 50 juta dan dapat kembali lagi sesudah Anda melunasi tagihan sebelumnya.

Selain itu, beberapa merchants yang bekerja sama merupakan seluruh produk yang ada di Traveloka misalnya bus, kereta, pesawat, tempat wisata, serta lain sebagainya yang dapat Anda bayarkan dengan pembelian dari aplikasi ini.

7. Home Credit

Yang terakhir adalah Home Credit yaitu sebuah lembaga pembayaran yang mempunyai fitur Pay Later. Untuk mendaftar nya anda hanya perlu mempersiapkan KTP saja. Kelebihan dari aplikasi yang satu ini yaitu terdapat fitur BI Checking yang sudah banyak dipakai oleh masyarakat.

 

Banyak sekali merchants bekerjasama dengan Home Credit ini, umumnya dapat dilihat di detail pemesanan, apakah dilanjutkan memakai home credit ini atau dengan metode yang lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.