Deretan Artis atau Selebriti yang Mulai Investasi NFT

February 8, 2022 Fintech No Comments

Dunia Metaverse seolah menjadi fokus para selebriti Indonesia sebagai ruang bisnis dan investasi. Salah satunya yaitu NFT atau token non-fungible. Beberapa artis mengikuti Trend NFT ini, siapa? NFT, atau hanya Aset Crypto, yaitu mengubah beberapa koleksi atau barang lain yang memiliki nilai seni menjadi sebuah aset yang bisa diverifikasi. Nantinya aset ini dapat dengan diperjualbelikan di blockchain, yang merupakan kumpulan catatan yang dijalankan oleh sistemasi komputer. Jumlah set digital dapat melacak transaksi dan kepemilikan dengan menggunakan teknologi blockchain, juga dikenal sebagai token non-fungible (NFT), meningkat hari ini. Bahkan, di Indonesia, istilah NFT melambung setelah seorang anak muda bernama Ghozali mengambil setiap selfie yang diambil setiap hari dari 2017 sampai 2021 dan menjualnya sebagai aset NFT. Selain Gozari, beberapa selebriti Indonesia tampaknya mulai terjun ke tren NFT yang menjual banyak karya dan hal lainnya dengan cara digital. Mengingat keuntungan besar yang bisa didapatkan dengan tren NFT ini, beberapa selebriti di negara ini sudah menyelidiki NFT. Berikut daftar artis yang mengikuti tren NFT, mulai dari Anang Hermansyah sampai Luna Maya.

1. Luna Maya 

Di bulan Juni 2021, selebriti Luna Maya berkolaborasi dengan pencipta NFT Jepang Tokau dalam perilisan 10 karya digital dengan jumlah yang terbatas. Aset NFT akan diperjualbelikan lewat Bakery Swap, salah satu media NFT yang populer. Selain itu, aset NFT selebritis Luna Maya juga akan dijual di media NFT lain seperti Binance. Melalui Binance, karya NFT Tokau yang berjudul “Queen of the Moon” dari Luna Maya akan dijual pada harga 5 Binance Coins (BNB) atau 34 juta rupiah. 

2. Syahrini 

Pada tanggal 14 Desember 2021, vokalis Syahrini merilis aset NFT pertama bertajuk “Syahrini Metaverse Tour”. Tak hanya satu, Syahrini menjual 17.800 unit karya NFT  melalui media Binance NFT yang masing-masing dibanderol pada harga 20 Binance USD (BUSD) atau 286.000 rupiah. Pelantun lagu “Don’t Choose Me” ini mengklaim bahwa puluhan ribu karya NFT yang dijual di Binance telah terjual habis. 

3. Anang Hermansyah 

Menyusul artis Luna Maya dan penyanyi Syahrini, musisi terkenal yaitu Anang Hermansyah dan istrinya Ashanty juga berencana merilis pasar NFT bernama ASIX. ASIX bukan hanya fitur NFT, tetapi juga token yang membuat penggunanya memainkan berbagai game teknologi blockchain bertema PaytrEn (P2E). Game yang bisa kamu mainkan nantinya antara lain bertema tradisional Indonesia seperti Congkak, Layang-layang, dan Komodo Legends. Anang mengatakan token ASIX akan dijual di media Launchpad IDM  dalam rentang waktu yang dekat. 

4. Denny Januar Ali

Selain seniman, pengusaha serta penulis ternama Denny Yang Ali (JA) juga melukis lukisannya sendiri pada 16 April 2021 berjudul “Potret Denny JA di Dunia Ide Selama 40 Tahun”. Lukisan yang mirip dengan wajah Denny ini bukan hanya sekedar gambar digital, melainkan dirancang berdasarkan sampul 102  buku yang ditulis oleh Denny JA  selama lebih dari 40 tahun. Pelukisnya yaitu Galam Zulkifli. Denny menggunakan akun StudioDennyJA miliknya untuk menjual lukisan lewat platform Open Sea. Lukisan tersebut mendapatkan penawaran harga sebesar 27,5 WETH atau 1 miliar rupiah.

5. Ridwan Kamil 

Orang Populer lainnya mendalami dunia NFT yaitu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Baru-baru ini, Ridwan membantu menjual karya seni berupa lukisan milik seniman jalanan yang biasanya berada di Jalan Braga, Bandung, melalui media OpenSea. Melalui platform tersebut lukisan itu dijual dengan harga 0,09 ETH atau 4,2 juta rupiah. Kedepannya, Gubernur Jawa Barat tersebut  ini ingin membuat akun di sebuah platform NFT untuk ikut menjual banyak karya seniman Jawa Barat. Hal ini dilakukan untuk menambah nilai bagi seniman Jawa Barat dan memungkinkan mereka untuk  sejahtera.

7. Bumi Langit 

Waralaba hiburan Bumi Langit, selain artis atau karakter, juga meriis ratusan  NFT di bulan Desember 2021 lalu yang menampilkan dua pahlawan super legendaris Indonesia, Gundara dan Surias. Diterbitkan oleh Bumilangit Digital Mediatama, aset NFT tersebut berjumlah 737 unit yang terdiri dari 356 unit karakter Gundala dan 381 unit karakter SriAsih. Aset NFT dijual melalui media OpenSea dan mempunyai rentang harga 0,02 ETH atau 1,1 juta rupiah.

8. Arnold Purnomo 

Koki terkenal Arnold Poernomo dapat dibilang  artis pertama yang  tertarik dengan NFT. Dia membuat kisah Ghozali menjadi viral dan membeli NFT remaja tersebut.

10. Katy Perry

Desember lalu, Katy Perry mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan nFT pertamanya di Theta Drop bekerja sama dengan Theta Network. Judul konten pertama adalah “Paket Roar: Melihat Ke Belakang Sambil Maju”.Berdasarkan gadget NDTV, koleksi tersebut dibanderol dengan harga US$ 100 dan hanya tersedia 2.500 unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.