Daftar Lembaga Penyedia Pinjaman Untuk Belanja Barang Elektronik

December 22, 2021 Fintech No Comments

Dapat membeli barang yang sesuai dengan keinginan memang dambaan banyak orang. Namun, tidak setiap orang mendapatkan privilege untuk bisa melakukannya. Bahkan, ketika ingin membeli barang untuk kebutuhan tidak setiap orang mampu melakukannya secara mudah.

Nah, pada tahap inilah peranan dari cicilan tanpa menggunakan kartu kredit hadir di tengah masyarakat untuk memberi sebuah solusi kepada Anda dan semua orang untuk bisa membeli produk impian, namun dana yang dimiliki belum terkumpul. 

Cicilan tanpa menggunakan kartu kredit ini tentunya akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk dapat membeli produk tertentu yang dirasa terlalu berat bila langsung dibayar secara tunai. Berikut ini adalah produk cicilan tanpa menggunakan kartu kredit terbaik yang sudah dikenal dan tentunya dapat Anda coba.

Kredivo

Kredivo merupakan pelopor paylater (bayar belakangan) di Indonesia. Kredivo memberikan penawaran cicilan tanpa menggunakan kartu kredit yang cepat dan mudah dengan limit sampai Rp 30.000.000. Pinjaman ini diberikan dapat dicairkan secara tunai dan juga untuk membayar belanjaan di e-commers yang bekerja sama dengan mereka.

Anda juga dapat memilih kapan akan melakukan pembayaran minimal 1-6 bulan dan maksimal 12 bulan dan tersedia pada 350 merchant offline serta online yang pastinya tersebar di semua daerah di Indonesia. 

Apabila Anda melakukan keterlambatan pembayaran maka nantinya Anda akan terkena sanksi berupa denda sebesar 3% per bulannya dari jumlah tagihan. Tetapi, denda ini akan ditagihkan bila Anda tidak membayar melewati jatuh tempo. Anda dapat membayar tagihan Kredivo via e-commerce, bank, Indomaret dan juga Alfamart.

OVO Paylater

OVO Paylater adalah sebuah fasilitas untuk melakukan pembayaran secara kredit dengan batas tertentu. Dengan memanfaatkan OVO Paylater, Anda dapat membeli barang yang dibutuhkan, namun dibayar bulan selanjutnya. OVO Paylater juga telah diterima di booth yang bekerja sama dan akan tetap memberikan cashback.

Limit tertinggi akan diberikan oleh pihak OBO adalah sebesar Rp 10.000.000 dengan jangka waktu, yaitu mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan. Kemudian, biaya administrasi yang dibebankan untuk pemakaian limit adalah 5% dari jumlah transaksi. Bila Anda terlambat melakukan pembayaran, maka akan terkena bunga sebanyak 0.1% per harinya. Jadi, pastikan Anda harus selalu tepat waktu.

Shopee Paylater

Shopee Paylater adalah pinjaman yang diberikan pihak PT. Commerce Finance dan PT. Lentera Dana Nusantara. Kedua perusahaan tersebut secara resmi sudah terdaftar serta diawasi OJK. Untuk awalnya, mereka akan memberikan limit pinjaman kepada Anda sebesar Rp 750.000. 

Kemudian dapat nantinya akan meningkat sampai dengan Rp 10.000.000, bahkan bisa lebih. Setiap bulannya bunga yang harus dibayarkan dari pinjaman tersebut adalah sebesar 0% – 2.95%. Tetapi, bila Anda dapat membayar cicilan tersebut sebelum bulan pertama, Anda akan mendapatkan bunga 0%.

Tanggal jatuh temponya bisa Anda tentukan sendiri, yaitu pada tanggal 5 – 11 tiap bulannya. BIla terlambat, maka akan dikenakan denda dengan besaran :

  • Denda sebanyak Rp 300.000 untuk pinjaman di bawah Rp 10.000.000.
  • Denda sebanyak Rp 1.000.000 untuk batas penggunaan Rp 10.000.000 keatas.

Indodana

Melalui platform Indodana, Anda dapat menikmati barang cicilan tanpa menggunakan kartu kredit. Limit yang ditawarkan sampai dengan Rp 8.000.000 dan tenornya antara 3 bulan sampai 6 bulan serta bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Bila pembayaran cicilan lancar, maka Anda bisa mendapatkan penambahan limit. 

Indodana juga memberikan kemudahan untuk mengajukan pinjaman dan syarat yang gampang, hal terpenting adalah Anda memiliki penghasilan tetap serta telah bekerja setidak 3 bulan. Namun, untuk sekarang Indodana hanya dapat dinikmati oleh WNI yang bertempat tinggal di Jabodetabek.

Gojek PayLater

Gojek PayLater adalah layanan yang memberikan kemudahan pembayaran bagi pengguna oleh pihak Gojek Indonesia bagi pelanggannya, yaitu dengan menggunakan Gojek PayLater. Anda dapat order layanan Gojek apa pun, dimana pun serta kapan saja dan tidak harus membayar langsung. Nantinya pihak Gojek akan melakukan penagihan dari total penggunaan pada akhir bulan.

Fitur baru yang dimiliki oleh pihak Gojek ini adalah hasil kerjasama antara Gojek dengan pihak Findaya yang sudah terdaftar serta diawasi OJK. Cara untuk penggunaan fasilitas cicilan tanpa menggunakan kartu kredit ini terbilang mudah, Anda hanya perlu memilih Gojek Paylater untuk opsi pembayaran ketika check out.

Tokopedia Paylater

Walau tidak secara langsung memberikan pinjaman untuk melakukan cicilan pembayaran, namun mereka menyediakan fasilitas pinjaman dengan cara melakukan kerja sama dengan beberapa pihak yang bekerja sama dan menyediakan kredit sebagai cara pembayaran lewat Tokopedia seperti OVO Paylater, Kredivo, GoPay Paylater, BRI Ceria dan  Home Credit.

Untuk biayanya dari layanan tersebut tentunya menyesuaikan dengan peraturan masing-masing rekan. Contohnya, cicilan tanpa menggunakan kartu kredit dari Kredivo dan OVO Paylater untuk produk di Tokopedia akan diberikan dengan tarif berbeda tergantung partner yang Anda pilih.

Jadi, agar dapat memakai Tokopedia Paylater, Anda harus memilih terlebih dahulu metode pembayaran yang diinginkan, kemudian silahkan mengikuti ketentuan yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published.