Cara Daftar Internet Banking BCA via ATM

December 22, 2021 Fintech No Comments

Dengan adanya perkembangan teknologi seperti sekarang ini, Anda sudah tidak perlu lagi repot bertransaksi keuangan dengan ke ATM atau ke bank. Karena kebanyakan bank di Indonesia sudah menyediakan layanan internet banking, termasuk Bank BCA. Bagi Anda yang ingin mendaftar internet banking BCA pun ada caranya, termasuk melalui ATM. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah penjelasannya. 

Cara Mendaftar Ibanking BCA Melalui ATM 

Sebelum Anda mendaftar Ibanking (internet banking) BCA melalui ATM, maka ada syarat yang harus Anda miliki. Berikut ini adalah syaratnya: 

  • Sudah terdaftar sebagai nasabah di Bank BCA dengan bukti buku tabungan dan kartu ATM BCA. 
  • Mempunyai E-KTP, Paspor, atau SIM. Bagi warga asing harus mempunyai KITAS. 
  • Mempunyai email yang masih aktif. 

Setelah Anda sudah mempersiapkan seluruh syaratnya, maka selanjutnya Anda bisa mengikuti langkah berikut ini: 

  • Datang ke ATM BCA yang paling dekat dengan lokasi Anda. 
  • Kemudian masukan ATM dan input PIN kartu ATM. 
  • Setelah itu, Anda tekan tombol Daftar E-Banking.
  • Jika sudah, tekan lagi Internet Banking. 
  • Lalu tekan pilihan menu Ya. 
  • Setelah itu Anda harus memasukan PIN yang akan digunakan pada akun ibanking. 
  • Selanjutnya masukan lagi PIN untuk konfirmasi. 
  • Jika sudah, maka proses pendaftaran selesa. Simpan struk yang keluar dari mesin. 

Aktivasi Internet Banking Melalui Handphone 

Walau sudah berhasil mendaftar Ibanking, Anda belum bisa melakukan transaksi apapun. Anda perlu melakukan aktivasi akun terlebih dahulu. Untuk caranya sangatlah mudah, Anda bisa menggunakan smartphone untuk mengaktifkannya, seperti berikut ini: 

  1. Masuk ke alamat ibank.klikbca.com dari browser Anda 
  2. Kemudian, lihat struk yang tadi didapatkan dari mesin ATM dan masukan username yang tertera. 
  3. Lalu, input PIN Ibanking yang tadi Anda buat di ATM. 
  4. Jika sudah centang Setuju jika telah membaca syarat dan ketentuan. 
  5. Isi alamat email aktif pada kolom yang diminta, lalu tekan tombol kirim.

Aktivasi akan otomatis aktif setelah Anda mendapatkan email verifikasi. Sampai sini seluruh proses pengaktifan internet banking BCA telah selesai. Anda sudah bisa menikmati sebagian fitur yang ada dalam KlikBCA. 

Aktivasi KeyBCA 

Tadi sudah disinggung sebelumnya bahwa ketika sudah mengaktivasi melalui ponsel, Anda hanya bisa menikmati sebagian fiturnya saja. Untuk bisa menggunakan seluruh fitur yang ada di KlikBca, maka Anda harus aktifkan KeyBCA. 

KeyBCA adalah alat yang akan Anda gunakan untuk bisa melakukan transaksi dan pembayaran melalui internet banking. Untuk bisa mengaktifkan KeyBCA, Anda harus datang ke kantor cabang Bank BCA terdekat. Nanti Anda akan mendapatkan alat seperti remot yang akan berisi nomor token. Pasti Anda bertanya, kenapa tidak seluruhnya saja langsung ke kantor cabang. 

Hal ini adalah kebijakan dari bank agar Anda tidak perlu repot-repot lagi mengantri untuk aktifkan internet banking. Tapi, jika seluruh tahapan di atas sudah selesai, maka Anda hanya perlu mendapatkan KeyBCA ini. Nanti, petugas akan menjelaskan bagaimana caranya hingga internet banking dapat aktif seluruhya. 

Fitur di Internet Banking BCA 

Adapun beberapa fitur yang bisa Anda nikmati ketika menggunakan internet banking dari BCA. Berikut ini adalah beberapa fitur utama bila Anda sudah mengaktifkan ibanking sampai tahap KeyBCA: 

1. Transfer dana 

Tentu saja fitur pertama yang bisa Anda nikmati adalah bisa transfer dana kemana saja dengan lebih mudah. Anda tidak perlu lagi ke ATM untuk mengirimkan uang. 

2. Pembayaran tagihan 

Anda juga bisa membayar tagihan dengan lebih mudah dengan menggunakan KlikBCA ini. Jadi, Anda tidak perlu lagi repot untuk mengantri atau ke ATM untuk melunasi pembayaran baik tagihan listrik, air ataupun kartu kredit. 

3. Pembelian 

Anda pun juga bisa melakukan pembelian dengan internet banking. Semisalnya adalah pulsa, token listrik dan lain sebagainya. Biaya sendiri sangatlah rendah, jadi Anda tidak perlu khawatir. 

4. Berbagai macam informasi 

Dengan mengaktifkan KlikBCA, Anda bisa mendapatkan informasi yang berkaitan dengan produk yang berkaitan dengan bank BCA. mulai dari penawaran kartu kredit, promo dan lain sebagainya. 

5. Mutasi rekening 

Anda pun juga dapat melakukan pengawasan terhadap transaksi di KlikBCA. Dimana Anda bisa melihat mutasi rekening dengan lebih mudah. Bahkan transaksi satu bulan penuh bisa Anda lihat dengan internet banking. 

6. Administrasi 

Di KlikBCA, Anda juga mendapatkan aktivitas administrasi. Misalnya Anda bisa mengganti PIN ATM, blokir ATM, hapus daftar transfer dan lain sebagainya. Bahkan Anda bisa menghubungkan dan menghapuskan koneksi kartu kredit. 

Dengan banyaknya kemudahan yang Anda dapatkan, maka lebih baik menggunakan internet banking untuk segala kebutuhan transaksi. Apalagi Anda bisa melakukan banyak hal yang berhubungan dengan perbankan hanya dari KlikBCA. Fitur yang ada di KlikBCA juga sangat cocok bagi Anda yang menjalankan bisnis online, karena seluruh transaksi tercatat lebih rinci.

Leave a Reply

Your email address will not be published.