Berikut Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi hingga E-Commerce

April 22, 2022 Fintech No Comments

Macet bagian listrik PLN adalah sebuah kegiatan yang wajib Anda lakukan setiap bulannya. Hal tersebut berfungsi untuk mengecek tagihan listrik PLN Anda selama sebulan. Dengan begitu, maka tidak akan terjadi keterlambatan saat pembayaran listrik. Sebab bila terlambat membayar nya, maka listrik di rumah Anda akan diputus oleh PLN.  

 Sekarang pihak PLN telah memberikan banyak sekali kemudahan untuk kita bisa melihat tagihan bulanan listrik yakni dengan cara mengeceknya di internet ataupun online. Dengan hadirnya fasilitas ini, maka mempermudah Anda untuk mengetahui tagihan listrik. Serta, Anda pun bisa membayarnya secara online.

 Tidak sampai disitu saja, tetapi Anda pendapat memantau Histori pembayaran listrik setiap bulan. Agar Anda bisa menghitungnya dalam anggaran bulanan Anda. Selain itu, PLN juga menggunakan dua proses pembayaran yaitu pembayaran prabayar dan juga pembayaran pasca bayar.

 Lalu, bagaimana cara mengecek bagian PLN dan membayar tagihan secara online? Yuk, simak cara nya di bawah ini.

Cara Mengecek Tagihan PLN secara Online

Umumnya untuk pembayaran listrik prabayar ini berbentuk token atau pulsa. Tetapi, bila pembayaran pascabayar yakni Anda membayar listrik yang sudah dipakai selama satu bulan sebelumnya.

 Untuk mengecek seluruh tagihan tersebut secara online. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengeceknya, seperti berikut ini.

1. Melalui website PLN

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek tagihan listris yaitu dengan mengunjungi website milik PLN. Dengan menggunakan car aini, Anda dapat langsung masuk ke situs cekbill.com. Lalu, Anda dapat mengikuti tahapan sebagai berikut ini.

 Pertama yakni Anda memilih “Cek tagihan listrik PLN” yang ada di bagian kiri dari halaman utama. Kemudian, dapat memasukkan nomor ID pelanggan di kolom yang telah tersedia. Setelah itu, ada dapat memasukkan kode captcha guna verifikasi. Lalu, Anda klik “Cek tagihan”.

 Nah, tagihan listrik nantinya akan muncul juga dengan status pembayaran nya. Status pembayaran tersebut akan melangkah apakah Anda telah membayar nya ataupun belum.

2. PLN Mobile

Selanjutnya yaitu memakai aplikasi PLN mobile. Anda bisa mengunduh aplikasinya di Playstore dan membukanya. Lalu Anda dapat klik menu “Informasi” di tap menu. Sesudah memilih menu tersebut, maka berikutnya Anda dapat klik “Informasi Tagihan dan Token Listrik”.

 Masukkanlah nomor pelanggan Anda maupun nomor meteran. Sesudah itu, ada bisa klik cari di halaman tersebut. Sesudah itu, maka tagihan bulanan listrik Anda akan muncul.

Berikut Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi hingga E-Commerce

3. Melalui IOS dan Android

Tidak hanya melalui website ataupun aplikasi nya saja, ada pula sejumlah aplikasi yang dapat Anda pakai guna mengecek tagihan PLN. Seperti aplikasi PLN mobile yakni merupakan aplikasi resmi yang dimiliki oleh PLN yang bisa mengecek tagihan listrik PLN sampai tagihan PLN.

 Anda dapat mengunduh aplikasi ini di App Store ataupun Play store terlebih dahulu. Lalu di aplikasi tersebut, Anda pun dapat mengecek konsumsi listrik berdasarkan dari kWh, transaksi token, info loket untuk membayar listrik, info tahap permohonan serta layanan pengaduan.

 Hadirnya layanan untuk pengaduan ini juga mempermudah Anda memilih ingin mengadukan masalah listrik yang terjadi di rumah Anda. Misalnya, di rumah anda terjadi pemadaman listrik yang lama maupun terjadi korsleting listrik. Sehingga, nantinya PLN dapat menanganinya dengan cepat.

4. Melalui email

Tidak hanya menggunakan aplikasi seperti di atas saja, ternyata mengecek tagihan listrik put dapat Anda lakukan dari pesan elektronik atau email. Email tersebut nantinya akan diterima oleh Anda berbentuk e-billing dari PT PLN resmi.

 Tapi, syarat utamanya itu Anda wajib terdaftar lebih dulu di system nya. Lalu, bagaimana cara untuk mendaftar nya? Anda dapat menghubungi customer service dari PLN di nomor 123 ataupun Anda dapat mengirim email ke pln123@pln.co.id.

5. Cek di Bukalapak

Mungkin anda tahu tentang aplikasi bukalapak yang menjadi aplikasi belanja. Tetapi, menggunakan aplikasi yang ini pun Anda bisa mengecek tagihan listrik PLN cara online. Anda hanya perlu memasukkan nomor pelanggan di aplikasi tersebut dan akan muncul tagihan nya.

6. Website pascabayar

Saat masuk di halaman pertama dari Web PLN, maka Anda akan ditunjukkan kolom guna mengisi nomor pelanggan dan nomor telepon. Sesudah itu, Anda dapat langsung mengklik “Cek tagihan”. Maka, tagihan Anda akan muncul dan bila Anda mempunyai tunggakan listrik pada bulan sebelumnya maka akan ditampilkan pula di website tersebut.

Nah, itu tadi beberapa cara untuk mengecek tagihan listrik yang perlu Anda ketahui. Bukan hanya dapat mengecek tagihan listrik saja, tetapi Anda juga dapat melakukan pembelian untuk yang prabayar. Anda tidak dapat menunda membeli token listrik sebab token rumah nanti akan terus berbunyi bila pulsa listrik tidak kunjung diisi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.