4 Manfaat Cicilan Tanpa Jaminan ini Bakal Kamu Dapatkan asal Gak Dipakai untuk Konsumtif

May 18, 2022 Pinjaman No Comments

Punya cicilan tiap bulannya itu tidak selamanya salah karena memang ada kalanya, kamu pasti pernah berada di posisi terhimpit oleh keadaan. Tak ada jalan keluar yang terbaik selain mencari pinjaman.

Dan untungnya, sekarang ini sudah banyak bermunculan fintech atau keuangan digital yang makin memudahkan kamu untuk mengajukan kredit secara praktis dan cepat. Bahkan kamu bisa mendapatkan cicilan tanpa jaminan atau Kredit Tanpa Agunan (KTA) tanpa perlu melewati proses yag ribet.

Jadi, kamu tetap akan mendapatkan sejumlah dana meskipun tidak memiliki apapun yang bisa dijadikan jaminan. Kamu belum tentu bisa mendapatkannya saat mengajukan pinjaman melalui lembaga keuangan seperti bank. Karena biasanya, kamu diharuskan untuk memberikan jaminan berupa sertifikat tanah, BPKB kendaraan ataupun deposito. Tak sampai disitu saja, beberapa pihak bank akan melakukan survey agar tahu bagaimana kesanggupanmu untuk bayar cicilan sampai lunas. 

Cukup sulit, bukan ? Untuk itu, tak ada salahnya mencoba mencari pinjaman tanpa jaminan jika sewaktu-waktu kamu sedang butuh uang.

Manfaat Cicilan Tanpa Jaminan atau Kredit Tanpa Agunan

Meskipun sangat mudah untuk mendapatkan cicilan tanpa jaminan tapi bukan berarti bisa kamu gunakan sembarangan, apalagi untuk hal yang sifatnya konsumtif. Lalu, apa aja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan dari cicilan tanpa jaminan ? 

Sebagai Dana Darurat

Proses pendaftaran dan pengajuan dana pinjaman tidak butuh waktu lama. Hanya dengan aplikasi yang bisa diakses via smartphone secara online, kamu sudah bisa memprosesnya. Bahkan pencairan dana pinjaman yang tak lebih dari 1×24 jam bahkan hanya butuh waktu 5 menit saja, bisa jadi andalan ketika kamu sedang berada di situasi yang darurat. 

Misalnya, digunakan untuk menebus biaya rumah sakit dan obat-obatan, renovasi rumah karena ada bagian yang rusak, atau sekedar jaga-jaga untuk persiapan kelahiran anak. Situasi tersebut tidak bisa diprediksi sebelumnya maka dari itu dengan memiliki pinjaman, kamu akan lebih tenang. Dana darurat dengan mudahnya ada di tanganmu tanpa harus merepotkan orang-orang terdekat. 

Tambahan Modal Usaha

Punya utang produktif, kenapa tidak ? Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari cicilan tanpa jaminan yaitu sebagai tambahan modal untuk memulai sebuah usaha. Tapi sebelumnya, kamu harus membuat perencanaan bisnis yang matang lebih dulu.

Selain itu, pilihlah fintech yang menawarkan bunga rendah dengan masa tenor atau jangka waktu yang fleksibel dan lebih lama. Rendahnya bunga yang diberikan akan meringankan beban cicilan yang mesti kamu bayar tiap bulannya. Adanya masa tenor yang fleksibel, akan membantumu dalam memilih jangka waktu pinjaman yang bisa disesuaikan dengan kemampuan. Mengingat untuk memulai usaha, butuh waktu yang tidak sebentar sampai bisa meraup keuntungan. 

Meskipun kamu bisa dengan mudah mendapatkan pinjaman, tapi usahakan untuk memilih usaha yang minim risiko dan berskala kecil. Contohnya menjadi reseller atau dropshipper, berjualan pulsa atau bisnis makanan ringan kiloan. Jadi, dana pinjaman yang kamu ajukan otomatis tidak begitu besar sehingga untuk melunasinya pun akan terasa mudah.

4 Manfaat Cicilan Tanpa Jaminan ini Bakal Kamu Dapatkan asal Gak Dipakai untuk Konsumtif

Meningkatkan Skor Kredit

Cicilan tanpa jaminan yang kamu dapatkan dari fintech bisa juga meningkatkan skor kreditmu. Apa itu ? Sebuah sistem penilaian dari lembaga keuangan untuk melihat  kemampuanmu dalam melunasi pinjaman-pinjaman yang sebelumnya sudah diajukan. 

Skor kredit ini tentu sangat bermanfaat, jika sewaktu-waktu kamu sedang butuh pinjaman yang jauh lebih besar. Sebagai contoh saat kamu ingin mengajukan Kredit Pemilikan Rumah atau yang biasa disebut dengan KPR. Skor kredit merupakan salah satu syarat agar pengajuanmu mudah disetujui oleh pihak debitur. 

Pada umumnya, skor kredit akan terlihat di BI checking. Nah, agar kamu memiliki penilaian yang baik, pastikan kamu tepat waktu dalam membayar cicilan pinjaman. Dan jangan mengajukan kredit lainnya sebelum memasuki cicilan berjalan paling tidak 3 bulan atau setengah periode dari jangka waktu yang kamu pilih. 

Dana Pendidikan

Ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tapi terkendala uang ? Tak ada salahnya jika kamu meminjam sejumlah uang untuk biaya pendidikanmu. Karena biasanya pinjaman untuk mencukupi berbagai kebutuhan pendidikan, bunganya lebih rendah dan jangka waktunya lebih panjang dibandingkan jenis pinjaman lainnya. 

Bahkan ada mitra yang menawarkan plafon pinjaman pendidikan hingga 2 miliar rupiah dengan jangka waktu yang fleksibel yakni sampai 36 bulan atau 3 tahun. Jadi, cicilan setiap bulannya tidak akan terlalu berat untuk dilunasi. 

Itulah tadi keempat manfaat cicilan tanpa jaminan yang bakal kamu dapatkan. Agar semua manfaat itu bisa kamu rasakan, sebaiknya pakailah dana pinjaman dengan bijak. Dan jangan gunakan untuk membelanjakan sesuatu yang sifatnya konsumtif karena selain tidak ada manfaatnya, kebiasaan tersebut bisa berdampak buruk buat kesehatan finansialmu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *