5 Syarat Mudah Untuk Melakukan Pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

November 17, 2021 Uncategorized No Comments

Jika Anda sedang membutuhkan dana tambahan baik untuk bisnis atau lainnya, ada salah satu pengajuan atau pinjaman yang menarik untuk Anda coba. Salah satunya yang bisa Anda lakukan adalah mengajukan kredit tanpa agunan (KTA). proses pinjaman satu ini tidak begitu sulit dan mudah, dibandingkan Anda harus mengajukan atau memiliki kartu kredit. 

Bahkan, menariknya lagi Anda juga mendapatkan berbagai keuntungan yang tidak kalah menarik untuk didapatkan. Diantaranya Anda akan mendapatkan pinjaman lebih besar, suku bungan yang lebih rendah, dan tenor pembayaran jauh lebih lama. Lantas, Bagaimana untuk mengajukan KTA tersebut? Apa saja syarat-syaratnya? Simak yuk penjelasan lengkapnya. 

Proses Pengajuan KTA

1. Melakukan Penyesuaian Terlebih Dahulu 

Langkah pertama kali yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan penyesuaian terlebih dahulu untuk mencocokan antara penghasilan, cicilan setiap bulan, dan suku bunganya. Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan, terutama dalam melihat kondisi nyata atau sebenarnya dari proses pengajuan KTA tersebut.

Proses ini untuk menunjang antara kebutuhan dan pengeluaran setiap bulannya bisa berjalan lancar dan tidak terhambat kedepannya. Apabila Anda tidak memperhitungkan dan mempertimbangkannya, maka akan terjadi permasalahan kedepannya. Proses ini harus benar-benar bisa Anda lihat dan jangan sampai salah dalam menentukannya. 

Jika Anda melakukan pinjaman secara besar-besaran, namun tidak sesuai dengan pemasukan yang terjadi akan berdampak pada pengeluaran yang harus Anda habiskan. Tindakan tersebut akan membuat Anda keteteran dan tidak bisa memenuhi kebutuhan yang ada. Sedangkan, cicilan harus tetap dibayarkan dan benar-benar harus dilakukan penyesuaian. 

2. Membandingkan Produk Lainnya

Setiap bank mempunyai berbagai kebijakan dan ketentuan yang berbeda-beda antara satu sama lainnya. Semuanya bisa berbeda, mulai dari plafon yang ada, tenor pembayaran yang diberikan, besaran suku bunga yang diberikan, dan berbagai persyaratan untuk pengajuan KTA tersebut. Pastikan Anda mampu memilih dan mencari bank yang benar-benar menguntungkan. 

Lakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu agar tidak salah dalam menentukannya, perbanyak sumber yang ada sebelum mengajukan KTA kepada bank yang dituju. Dengan demikian, pengeluaran yang Anda pahami mampu bisa mengatasi dan mengenal produk yang akan Anda pilih tersebut secara menyeluruh. 

Apabila Anda tidak memperhatikannya akan berdampak kepada pinjaman yang didapatkan, terutama beban cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. 

3. Melengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Untuk pengajuan syarat KTA sendiri memang wajib menyertakan dokumen-dokumen pendukung yang harus dipenuhi. Apabila Anda salah dalam melakukannya, maka akan berdampak pada proses persetujuan KTA yang Anda alami tersebut. Bisa saja jika persyaratan kurang, KTA yang Anda ajukan akan ditolak dan perlu penyesuaian. 

Dalam tahap ini Anda bisa mempersiapkan beberapa kebutuhan dokumen yang diinginkan, mulai dari KTP, Kartu Keluarga, NPWP, rekening koran selama 3 bulan, Surat Pernikahan, dan lainnya. Syarat-syarat tersebut harus disatukan dalam satu rangkap dan diurutkan, sehingga ketika hendak mengajukan tidak tercecer dan ketinggalan. 

Apabila Anda belum mempunyai NPWP, mungkin bisa mengajukan surat melalui RT atau Camat bahwa memiliki penghasilan, surat tersebut sebagai bentuk penggantinya. Apabila Anda tidak mencantumkan bukti surat tersebut, maka proses pengajuan KTA Anda tersebut tidak akan disetujui atau ditolak. 

4. Langsung Datang ke Bank 

Sebenarnya proses untuk mengajukan kredit tanpa agunan (KTA) bisa Anda lakukan langsung secara online. Namun, biasanya untuk mendapatkan nomor antrian akan tertunda, karena sementara ini banyak orang yang mengajukan untuk pinjaman tersebut. Mungkin untuk Anda yang ingin cepat dan tidak mengalami kendala, bisa langsung datang ke bank terdekat. 

Pilihannya Anda bisa datang ke bank pusat atau cabang, dalam tahap ini kami menyarankan untuk berangkat pagi hari agar tidak terlalu ramai dan antri. Jika Anda ingin berangkat langsung ke bank, bawa seluruh dokumen yang ada dan proses untuk pinjaman KTA Anda tersebut bisa langsung diproses atau dicairkan secara langsung. 

Dalam tahap ini, waktu tunggu bisa Anda pangkas dan tidak terlalu lama mengantrinya. Namun, ada juga harus melihat dan memahami regulasi yang diberikan. Karena beberapa penyedia KTA ada yang menyediakan semuanya penuh secara online. 

5. Proses Verifikasi 

Ikuti semua tahapan verifikasi yang dibutuhkan, pihak bank akan melakukan proses komunikasi melalui sambungan telepon. Dalam tahap ini untuk melakukan proses verifikasi mengenai form pendaftaran dan dokumen yang Anda serahkan sebelumnya. Apabila sudah lengkap Anda akan diminta datang ke bank dan mengikuti proses wawancara. 

Selanjutnya pihak bank akan melakukan pengecekan terkait kebenaran yang Anda berikan, sehingga harus pastikan Anda memasukkan data yang tepat dan benar. Jika sudah semua melakukannya, maka tinggal menunggu telepon balik dari bank, tapi butuh waktu untuk melakukannya sekitar 3-7 hari, karena harus mempersiapkan semuanya. 

Apabila semuanya sudah cocok, proses pengajuan terkait KTA Anda akan disetujui dan langsung mendapatkan pinjaman tersebut. 

Itulah beberapa persyaratan untuk Anda yang ingin mendapatkan pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang harus benar-benar Anda pahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *