Syarat-Syarat Untuk Mengajukan Pinjaman Online

November 6, 2021 Fintech No Comments

Ketika Anda hendak ingin mengajukan pinjaman online, mungkin Anda akan diminta untuk memenuhi berbagai persyaratan yang dibutuhkan. Hal ini sebagai bagian dari standar yang ada dan bentuk kesepakatan untuk melakukan pinjaman. Jika Anda tidak memenuhinya, maka proses untuk pengajuan pinjaman tidak diterima atau ditolak. 

Sebenarnya ada beberapa syarat-syarat wajib yang harus Anda penuhi, proses ini penting untuk Anda pahami dan perhatikan secara menyeluruh. Dengan demikian, tahapan untuk melakukan pengajuan bisa Anda dapatkan secara menyeluruh. Nah, apa saja syarat-syarat tersebut? Bagaimana cara memenuhinya? Simak yuk penjelasan lengkapnya.

Syarat Memenuhi Pinjaman Online 

1. Identitas Diri 

Sebagai dokumen resmi, tentunya ketika Anda hendak melakukan pinjaman online harus melampirkan identitas diri secara lengkap. Jika Anda berada di Indonesia dan statusnya sebagai bagian dari WNI, maka KTP atau SIM bisa Anda gunakan sebagai bukti untuk mengajukan pinjaman tersebut secara keseluruhan. 

Apabila Anda tidak mempunyai identitas atau dokumen resmi tersebut, otomatis pengajuan pinjaman Anda tidak dapat diproses. Sehingga sejumlah pinjaman yang Anda inginkan akan ditolak dan tidak dapat dilanjutkan. Oleh karena itu, sebelum melakukan pengajuan langsung saja untuk mempersiapkan dan memenuhi identitas diri Anda tersebut. 

2. Usia atau Umur Nasabah Sebelum Mengajukan 

Beberapa perusahaan pinjaman online membutuhkan beberapa karakter atau usia tertentu yang harus dipahami dan dilakukan secara menyeluruh. Karena, kebijakan tersebut berbeda-beda antara satu sama lainnya. Sehingga sebelum Anda melakukan pengajuan pinjaman harus melihat beberapa persyaratan yang diberikan secara menyeluruh. 

Umumnya beberapa pinjaman online menakar usia untuk melakukan pinjaman online itu antara usia 16 tahun sampai 60 tahun. Karena, alasannya masih dalam kategori usia yang produktif dan baru berhenti dari pekerjaan sebelumnya. 

Tapi, semuanya tidak bisa dipukul rata mengenai ketentuan dan kebijakan dari perusahaan pinjaman online tersebut. Ada juga beberapa pinjol yang menerapkan usia 18 tahun sebagai syarat minimal pengajuan. Jadi, apabila usia Anda belum masuk atau sudah habis ketentuan, maka otomatis ketentuannya akan ditolak oleh sistemnya. 

3. Melampirkan Pendapatan Setiap Bulan 

Jika Anda bekerja dalam sebuah perusahaan, maka akan mendapatkan pemasukan per bulannya dan bisa melampirkan slip gaji tersebut. Dokumen satu ini menjadi sangat penting untuk dilakukan, karena sebagai bahan pertimbangan dan selalu diminta oleh perusahaan pinjaman online sebelum menyetujui nominal pinjaman tersebut. 

Bahkan, ada juga yang meminta untuk pendapatan 3 bulan terakhir. Hal ini untuk mengetahui gaji Anda masuk dalam kategori UMR daerah masing-masing atau malah jauh lebih tinggi. Namun, apabila Anda seorang pekerja lepas (freelance) atau mandiri tetap bisa mendapatkan pinjaman online, asal mempunyai penghasilan yang stabil dan memiliki bukti NPWP. 

Persyaratan satu ini akan selalu diminta dan diwajibkan oleh perusahaan pinjaman online kepada calon nasabahnya. Tujuannya sebagai bentuk bukti apabila perusahaan tidak salah memberikan pinjaman dan cicilan setiap bulannya bisa dilunasi dengan baik. Oleh karena itu, jika ingin melakukan pengajuan, bisa langsung melampirkan slip gaji tersebut. 

4. Ketentuan dan Kebijakan Tambahan 

Setiap perusahaan atau penyedia layanan pinjaman online pasti memberikan beberapa ketentuan dan kebijakan tambahan yang harus dipahami oleh semua pihak yang mengajukan. Apabila Anda tidak memahaminya, maka otomatis pinjaman yang Anda ajukan akan ditolak jika tidak bisa dipenuhi secara keseluruhan. 

Beberapa persyaratan yang dilakukan tersebut penting untuk dilihat, sehingga bisa memenuhi semua kebutuhan tersebut secara keseluruhan. Dalam tahap ini Anda harus benar-benar mampu dalam memperhatikannya. Termasuk dari status sebagai WNI, rentang usia minimal 16 tahun sampai 60 tahun, domisili sesuai ketentuan, dan mempunyai penghasilan setiap bulan. 

Dengan demikian, jika Anda memenuhi ketentuan dan kebijakan tambahan tersebut secara keseluruhan yang menyeluruh. Dalam tahap ini, pastikan Anda mampu dalam memperhatikannya agar semua kebutuhan pinjaman tersebut dapat segera disetujui dan dicairkan kepada para nasabah yang mengajukannya. 

5. Wajib Membayar Cicilan Per Bulan

Syarat selanjutnya yang sangat penting dan harus Anda lakukan adalah wajib melakukan pembayaran cicilan setiap bulannya. Bagian ini tidak boleh Anda lewatkan, karena terdapat beberapa denda yang akan terjadi. Oleh karena itu, pastikan Anda mampu memperhatikannya dan jangan sampai terlambat. 

Sebelum mengajukan pinjaman lebih baik Anda untuk mengukur diri sendiri terlebih dahulu, karena kedepannya ada biaya yang harus Anda keluarkan setiap bulannya. Jika Anda menyanggupinya tidak ada salahnya untuk meminjam, tapi apabila merasa kewalahan lebih baik untuk membatalkan atau tidak sama sekali mengajukannya. 

Tapi, jika memang benar-benar mendesak perhatikan jumlah yang harus Anda pinjam tersebut dan jangan sampai lebih dari pemasukan yang Anda dapatkan. 

Demikianlah penjelasan lengkap yang harus Anda pahami terkait beberapa syarat-syarat dalam mengajukan pinjaman online, pastikan Anda memenuhi dan memperhatikan semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *