Pinjaman Online dan Beberapa Manfaatnya Untuk Merintis Usaha

September 19, 2021 Fintech No Comments

Aksesibilitas yang begitu cepat dan mudah, sekarang ini bisa kita rasakan di setiap lini kehidupan, misalnya saja di bidang ekonomi. Contoh nyata yang bisa kita rasakan adalah dengan adanya kemudahan peminjaman uang melalui pinjaman online (pinjol) dari fintech lending. 

Pinjaman online memang sedang menjadi primadona bagi sebagian besar orang, yang sedang merintis usahanya. Tidak hanya itu, penawarannya pun cukup menggiurkan untuk setiap kalangan dari kita. Hal ini dikarenakan prosesnya yang mudah dan simpel, seperti pengajuan pinjaman, yang hanya mensyaratkan KTP saja. Kelebihan lainnya pun juga bisa menguntungkan seperti dana yang cepat cair, serta prosesnya yang tidak memakan waktu lama. Biasanya proses ini hanya membutuhkan waktu selama 24 jam saja. 

Maka dari itu, banyak pengusaha yang sedang merintis usahanya, serta membutuhkan suntikan dana segar untuk modal, lebih memilih pinjaman online sebagai alternatifnya. Pinjaman online  memang memiliki deretan manfaat menguntungkan bagi pengusaha. Misalnya saja membuat perputaran uang menjadi lebih baik bagi bisnis yang sedang dikerjakan.  

Pinjaman online yang dimanfaatkan oleh pengusaha ini dinamakan hutang produktif. Dimana hutang ini dipakai untuk sesuatu yang menghasilkan, contohnya bisnis atau usaha. Ketika usaha yang sedang ditekuni berkembang dan mendapatkan keuntungan, maka pengusaha tersebut akan mencetak pendapatan yang lebih besar. Hingga akhirnya mampu membayar bunga pinjaman online.

Lalu apa saja manfaat yang diperoleh pengusaha, bila mengajukan pinjaman online untuk usaha yang sedang dirintisnya? Berikut ini merupakan beberapa manfaatnya, antara lain:

Meningkatkan Cash Flow

Cash flow berhubungan dengan pemasukan serta pengeluaran dalam periode tertentu. Dimana perputaran uang baik pemasukan dan pengeluaran akan dicatat dalam bentuk laporan. Apabila pendapatan yang diterima lebih besar dari pada pengeluaran, maka cash flow usaha yang sedang dirintis dalam keadaan baik atau positif. Begitupun sebaliknya.

Sebagai pengusaha pastinya diperlukan peningkatan cash flow bisnis. Salah satu cara untuk meningkatkannya pun bisa menggunakan pengajuan pinjaman online. Dengan utang, maka modal usaha akan bertambah. Sehingga membantu bisnis bertahan cukup lama dan menguntungkan. Namun sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman online, ada hal yang perlu diperhatikan seperti kemungkinan resiko yang dihadapi, bunga pinjaman, rasio hutang dan lain sebagainya.

mengajukan pinjaman online

Menambah Aset atau Peremajaan Aset

Pinjaman online bisa digunakan untuk menambah aset perusahaan. Dimana aset yang dibeli dengan pinjaman online, dapat meningkatkan penghasilan lebih banyak. Misalnya, pengusaha dengan inisial A memutuskan untuk mengajukan pinjaman online sebesar 20 juta. Uang tersebut digunakan untuk membeli 4 unit mesin jahit, tenor 12 bulan dengan bunga 12 %, cicilan per bulan sekitar Rp 1,9 juta. Dengan pembelian tersebut, maka kapasitas produksi meningkat hingga 7000 potong baju per bulan atau 85,7%. Hasilnya omzet naik sebesar 37 juta per bulan setelah produksi.

Penyelamat Perusahaan dan karyawan

Kondisi bisnis tidak selalu berjalan mulus. Pastinya terdapat rintangan yang menerpa, misalnya kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini, yang membuat keuangan perusahaan dalam kondisi kritis. Akhirnya usaha yang sedang dijalani pun membutuhkan suntikan dana dari pengajuan pinjaman online, agar perusahaan tidak bangkrut. Pinjaman online, yang sudah diajukan ini pun bisa digunakan untuk membayar gaji karyawan, agar terhindar dari PHK.

Dana Darurat Bisnis

Pengajuan pinjaman online pun bisa digunakan untuk dana darurat. Idealnya dalam perusahaan, dana darurat perlu  dipersiapkan dengan jumlah 6-12 bulan. Namun, sebelum mengajukan pinjaman online untuk dana darurat, kamu perlu memastikan terlebih dahulu kesanggupan dalam membayarnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *